DOSEN FAKULTAS PETERNAKAN UTB LAMPUNG RAIH PROGRAM MAGANG DOSEN 2016 KEMENRISTEK DIKTI

Humas UTB .Dosen Fakultas Peternakan Universitas Tulang Bawang, Adisti Rastosari, S.Pt., M.Sc., menoreh prestasi yang membanggakan akademisi Universitas Tulang Bawang Lampung yaitu mendapatkan kesempatan sebagai Peserta Magang Dosen yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Peserta Program Magang Dosen dari berbagai perguruan tinggi

Program Magang Dosen berlangsung dari 8 Agustus 2016 sampai 30 November 2016 yang dimana sebelum dilaksanakannya program ini diadakan terlebih dahulu pembekalan program di Hotel Aston Bekasi (6-7 Agustus 2016) dan setelah program berakhir diadakan kegiatan penutup di Hotel Harris, Kuta, Bali (1-4 Desember 2016). Program Magang Dosen ini diselenggarakan dalam upaya meningkatkan kompetensi dan memperluas wawasan dosen muda (dosen junior). Setelah melalui proses seleksi yang ketat, para dosen muda tersebut ditempatkan di Perguruan Tinggi Pembina. Seleksi dilakukan terhadap hampir 400 pendaftar dan terpilih sebanyak 60 peserta berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia yang ditempatkan di Perguruan Tinggi Pembina.

Perguruan Tinggi Pembina yang dimaksud adalah Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Airlangga. Masing-masing Perguruan Tinggi Pembina tersebut diberi amanah untuk membina 10 orang peserta Program Magang Dosen.

Adisti yang lahir di Bandar Lampung  pada 25 Mei 1988 ini memaparkan bahwa kegunaan diadakannya program dosen magang ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi dosen magang sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan sistem pengelolaan perguruan tinggi, penerapan tridharma perguruan tinggi, menjalin kerjasama dengan PT Pembina walaupun program magang telah berakhir, dan memberikan pengembangan diri sehingga

memperoleh output hasil yang baik misalnya PEKERTI-AA, pelatihan bahasa inggris, membuat proposal hibah penelitian, membuat proposal pengabdian, pelatihan penelitian.

“Pengalaman ini sangat berharga bagi saya karena saya bisa menimba ilmu tentang pengelolaan perguruan tinggi dan penerapan tridharma perguruan tinggi dengan gratis, makan tidur gratis, jalan-jalan keliling Bogor dan Jawa Barat dengan gratis juga. Hal ini pasti jadi impian semua para dosen muda (dosen pemula) seperti saya.” kata Adisti.